Harga Sewa Bus Pariwisata

Harga sewa bus pariwisata murah

Harga sewa bus pariwisata mungkin menjadi salah satu pertimbangan yang penting sebelum memilih jasa sewa bus pariwisata yang tepat untuk agenda liburan Anda. Memang tidak dipungkiri, transportasi memiliki peranan yang penting agar wisata Anda semakin lancar. Oleh karena itu, memilih jasa persewaan juga tidak boleh sembarangan.
Nah, harga sewa bus pariwisata Jakarta terkadang juga berpengaruh pada budget yang Anda miliki. Terkadang untuk berlibur membutuhkan budget yang tidak sedikit, terlebih berlibur bersama rombongan. Namun, menyewa bus pariwisata akan lebih menghemat budget dalam hal transportasi.

Faktor yang mempengaruhi harga sewa

Berbicara tentang tarif sewa bus pariwisata kebanyakan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini, beberapa faktor yang mempengaruhi harga sewa bus tersebut.

1. Hari dan tanggal keberangkatan

Agenda berlibur benar – benar harus dipastikan, mulai dari tanggal hingga hari keberangkatan. Pasalnya, kedua hal tersebut sangat berpengaruh pada harga sewa bus pariwisata Tangerang nantinya. Jadi, saat harganya naik biasanya juga berpengaruh pada kedua hal tersebut. Pastinya Anda tahu tanggal merah dan hari libur merupakan waktu yang sering dipilih untuk berlibur.
Jadi saat tanggal tersebut, maka akan ada permintaan tinggi pada persewaan bus. Oleh karena itu, harga juga otomatis naik. Hal ini tentu akan berbeda dengan hari – hari biasanya. Di mana, permintaan bus pariwisata tidak setinggi hari libur. Dengan begitu, harganya pun juga lebih terjangkau dan bahkan lebih murah.

2. Tujuan berwisata

Tujuan juga bisa mempengaruhi harga sewa bus pariwisata yang harus dikeluarkan. Tujuan pariwisata artinya seberapa jauh jarak yang ditempuh. Dengan begitu, semakin jauh perjalanan, maka akan semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan. Itu artinya jarak semakin jauh, biaya sewa yang dibayarkan juga semakin lebih mahal.
Oleh karena itu, kebanyakan jasa sewa tidak memasang harga yang pas saat penawaran. Hal ini dikarenakan pelanggan bisa – bisa kabur dan tidak ingin menyewa jasanya. Biasanya harga sewa dan harga bahan bakar akan dipisahkan. Jadi pelanggan bisa memilih paket persewaan plus bahan bakar atau tidak. Namun bila dipikir – pikir hal tersebut sama saja.

3. Jenis bus yang digunakan

Tentunya faktor yang satu ini sudah cukup jelas. Jadi antara bus yang berukuran besar, medium atau mini busa pasti memiliki harga yang berbeda – beda. Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah peserta. Artinya, semakin besar bus yang digunakan, maka harga sewa bus pariwisata Jakarta juga akan semakin tinggi.

4. Usia bus

Usia dari bus juga bisa mempengaruhi tarif sewa bus pariwisata. Kebanyakan usia bus yang sudah lebih dari 5 tahun harga sewanya akan menurun. Jadi, apabila usia bus sudah 10 tahun, maka harga sewa bisa menurun secara drastis. Hal ini tentu bukan menjadi rahasia lagi. Pasalnya, bus keluaran terbaru akan lebih lengkap fasilitasnya daripada bus lama.

Bahkan, bus tua yang sudah diperbaiki hingga dimodifikasi sekalipun juga akan berbeda daripada yang terbaru, terlebih dalam hal kenyamanan. Maka dari itu, tanyakan terlebih dahulu kepada pihak jasa, berapa usia bus yang akan disewakan tersebut. Apakah usia bus yang lebih dari 5 tahun tersebut masih bagus, nyaman dan layak.

5. Fasilitas yang diberikan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa setiap bus keluaran terbaru akan memiliki fasilitas yang berbeda. Selain itu, jenis bus juga memiliki fasilitas berbeda. Artinya fasilitas juga mempengaruhi kenyamanan Anda. Pilihlah bus yang benar – benar sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, dalam segi fasilitas.

Jenis bus dan harga sewanya

Mungkin bagi sebagian orang bus pariwisata itu sama saja. Padahal, tidak demikian. Setidaknya ada 6 jenis bus pariwisata yang sering digunakan seperti Bus Non HD, HD, SHD, HDD, DG dan bus tingkat DD. Nah, kali ini akan mengulik seputaran jenis bus dan harga sewa bus pariwisata Tanggerang masing - masing.

1. Bus Non HD

Mungkin sebagian dari kita sering naik bus yang memiliki tonjolan seperti kuburan di samping kursi pengemudi. Bus yang satu ini sering digunakan untuk melayani perjalanan ekonomi, artinya harganya sangat terjangkau. Bus tersebut adalah bus Non HD atau bus normal deck.
Ciri dari bus yang satu ini memiliki tinggi sekitar 300 cm hingga 330 cm. Kemudian, tinggi kursi penumpang sejajar dengan kursi pengemudi. Namun terkadang lebih tinggi. Bagasi yang dimiliki juga tidak terlalu luas. Body yang dimiliki kebanyakan persegi panjang. Ciri lainnya adalah kuburan mesin di samping pengemudinya.

2. Bus HD

Bus HD atau high desk merupakan jenis bus yang lebih tinggi dibandingkan dengan non HD. Bus yang satu ini muncul pada tahun 2009 dan hingga sekarang masih banyak yang menggunakannya. Berbeda dengan bus non HD, bus HD memiliki tinggi 340 cm hingga 350 cm. Mungkin memang sekilas akan terlihat mirip.
Ciri lainnya yang membedakan adalah tempat kursi pengemudi yang lebih rendah dibandingkan kursi penumpang. Selain itu, tidak ada lagi kotak mesin di samping pengemudi. Untuk harga sewa bus pariwisata yang satu ini rata – rata 3 juta rupiah.

3. Bus SHD

Bus SHD atau Super High Deck menjadi bus yang cukup populer saat ini. Bus ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015. Ciri akan bus yang satu ini adalah tinggi 390 cm. Selain itu, bus ini memiliki bagasi yang sangat luas, bahkan sepeda motor saja bisa masuk ke dalamnya. Ciri yang sangat nampak dari bus yang satu ini adalah bagian kaca yang menggunakan kaca ganda dengan sekat pembatas. Sedangkan pada bagian belakang, grillnya lebih tinggi dibandingkan bus HD. Selain itu, desain dari bus yang satu ini nampak gagah serta elegan.
Di bagian kabinnya, bus SHD memiliki desain yang sangat mewah dan nyaman. Hal ini tentu membuat para penumpang akan lebih nyaman dalam perjalanan. Belum lagi, fasilitas keamanan dan entertainment yang canggih. Untuk harga sewa bus pariwisata Jakarta yang satu ini rata – rata 3,5 juta per hari.

4. Bus HDD

Bus HDD atau High Deck dengan tambahan double glass merupakan penerus dari bus SHD. Perbedaan bus ini lebih rendah dibandingkan bus SHD, yakni hanya 370 cm saja. Penempatan wiper dan double glass berada di atas. Bagian interiornya juga sama mewahnya dengan bus SHD. Bagian dashboard pengemudi lebih sederhana, tapi elegan. Tarif sewa bus pariwisata yang satu ini rata – rata sama dengan bus SHD, yakni 3,5 juta.

5. Bus DD

Bus DD atau bus tingkat menjadi bus yang sedang naik daun saat ini. Di mana, penumpang tingkat atas bisa menikmati pemandangan lebih leluasa. Ketinggian dari bus yang satu ini adalah 470 cm. Bus tingkat memang sangat cocok untuk bus pariwisata, terlebih dengan peserta yang banyak.

Daftar Harga Sewa Bus Pariwisata Terbaru



Harga Sewa Big Bus Pariwisata

TujuanHarga
Tarif Wisata 1 Hari 
Transfer dalam kota Jakarta, drop Bandara (one way 4 jam)Rp1.500.000
Tour dalam kota (Half day 8 jam)Rp2.000.000
Tour dalam kota (Full day 12 jam)Rp2.100.000
Mekarsari, Sentul, Cibubur, Karawaci, Tangerang (12 jam)Rp2.300.000
Bogor, Citereup, Pasir Mukti, Cileungsi, Cikupa, Balaraja, Cikokol, Cikarang, The Jungle, Jungle Land, Ciseeng (12 jam)Rp2.400.000
Taman Safari, Cilember, Lido, Cisarua, TWM, Cimori, Mega Mendung, Gunung Mas, Cinangneng, Cimelati, Leuwiliang, Ciawi, Karawang, Tapos, Curug Nangka, Highland (15 jam)Rp2.800.000
Cipanas, Gunung Geulis, Cibodas, Ciloto, Salabintana, Cimacan, Sukabumi, Jatiluhur, Gunung Salak, Purwakarta, Cikampek, Quiling/Jonggol (15 jam)Rp3.000.000
Pulorida, Ziarah Banten, Cilegon, Merak, Serang, Carita, Anyer, Karang Bolong (18 jam)Rp3.200.000
Bandung Kota, Pandeglang, Maribaya, Cigundul, Ciater, Lembang, TSB, Tangkuban Perahu, Subang, Indramayu, Tanjung Lesung, Banten Labuan, Citatih, Pelabuhan Ratu, Citarik, Cianjur (18 jam)Rp3.600.000
Jatinagor, Ciwidey, Kawah Putih, Sumedang, Situ Patenggang, Cileunyi, Pengalengan (18 jam)Rp3.900.000
Cirebon, Majalengka, Kuningan, Sawarna, Tasikmalaya, Suryalaya, Ujung Genteng (18 jam)Rp4.300.000

Tarif Wisata Menginap 
Bogor, Citereup, Pasir Mukti, Cilengsi, Cikupa, Balaraja, Cikokol, Cikarang, The Jungle, Jungle Land, Ciseeng, Mekarsari, Sentul, Cibubur, Karawaci, Tangerang (2 hari max 12 jam/hari)Rp4.800.000
Cisarua, Taman Safari, Mega Mendung, Gunung Mas, Cinangneng, Cimelati, Leuwiliang, Ciawi, Karawang, Tapos (2 hari)Rp5.400.000
Cipanas, Cibodas, Ciloto, Salabintana, Cimacan, Sukabumi, Jatiluhur, Gunung Salak, Purwakarta, Cikampek (2 hari)Rp5.600.000
Pulorida, Cilegon, Merak, Serang, Carita, Anyer, Karang Bolong (2 hari)Rp6.000.000
Bandung Kota, Maribaya, Ciater, Lembang, Tangkuban Perahu, Subang, Indramayu, Tanjung Lesung, Banten Labuan, Citatih, Pelabuhan Ratu, Citarik, Cianjur (2 hari)Rp6.400.000
Jatinagor, Ciwidey, Kawah Putih, Sumedang, Situ Patenggang, Cileunyi, Pengalengan (2 hari)Rp7.000.000
Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Suryalaya, Garut (2 hari)Rp7.300.000
Lampung (2 hari)Rp8.400.000
Pangandaran, Cilacap (3 hari)Rp9.700.000
Purwokerto, Guci, Batu Raden, Tegal, Pekalongan (3 hari)Rp10.000.000
Jawa Tengah, Jogja, Semarang, Salatiga, Demak, Wonosobo, Dieng (3 hari)Rp11.000.000
Jawa Tengah, Wonogiri, Magelang, Jogya, Solo, Wonosobo (4 hari)Rp13.300.000

Harga Sewa Bus Medium

Tarif Wisata 1 Hari
Transfer dalam kota Jakarta, drop Bandara (one way 4 jam)Rp1.100.000
Tour dalam kota (Half day 8 jam)Rp1.500.000
Tour dalam kota (Full day 12 jam)Rp1.600.000
Mekarsari, Sentul, Cibubur, Karawaci, Tangerang (12 jam)Rp1.700.000
Bogor, Citereup, Pasir Mukti, Cileungsi, Cikupa, Balaraja, Cikokol, Cikarang, The Jungle, Jungle Land, Ciseeng (12 jam)Rp1.800.000
Taman Safari, Cilember, Lido, Cisarua, TWM, Cimori, Mega Mendung, Gunung Mas, Cinangneng, Cimelati, Leuwiliang, Ciawi, Karawang, Tapos, Curug Nangka, Highland (15 jam)Rp1.900.000
Cipanas, Gunung Geulis, Cibodas, Ciloto, Salabintana, Cimacan, Sukabumi, Jatiluhur, Gunung Salak, Purwakarta, Cikampek, Quiling/Jonggol (15 jam)Rp2.100.000
Pulorida, Ziarah Banten, Cilegon, Merak, Serang, Carita, Anyer, Karang Bolong (18 jam)Rp2.200.000
Bandung Kota, Pandeglang, Maribaya, Cigundul, Ciater, Lembang, TSB, Tangkuban Perahu, Subang, Indramayu, Tanjung Lesung, Banten Labuan, Citatih, Pelabuhan Ratu, Citarik, Cianjur (18 jam)Rp2.600.000
Jatinagor, Ciwidey, Kawah Putih, Sumedang, Situ Patenggang, Cileunyi, Pengalengan (18 jam)Rp2.700.000
Cirebon, Majalengka, Kuningan, Sawarna, Tasikmalaya, Suryalaya, Ujung Genteng (18 jam)Rp3.000.000

Tarif Wisata Menginap 
Bogor, Citereup, Pasir Mukti, Cilengsi, Cikupa, Balaraja, Cikokol, Cikarang, The Jungle, Jungle Land, Ciseeng, Mekarsari, Sentul, Cibubur, Karawaci, Tangerang (2 hari max 12 jam/hari)Rp4.800.000
Cisarua, Taman Safari, Mega Mendung, Gunung Mas, Cinangneng, Cimelati, Leuwiliang, Ciawi, Karawang, Tapos (2 hari)Rp5.400.000
Cipanas, Cibodas, Ciloto, Salabintana, Cimacan, Sukabumi, Jatiluhur, Gunung Salak, Purwakarta, Cikampek (2 hari)Rp5.600.000
Pulorida, Cilegon, Merak, Serang, Carita, Anyer, Karang Bolong (2 hari)Rp6.000.000
Bandung Kota, Maribaya, Ciater, Lembang, Tangkuban Perahu, Subang, Indramayu, Tanjung Lesung, Banten Labuan, Citatih, Pelabuhan Ratu, Citarik, Cianjur (2 hari)Rp6.400.000
Jatinagor, Ciwidey, Kawah Putih, Sumedang, Situ Patenggang, Cileunyi, Pengalengan (2 hari)Rp7.000.000
Cirebon, Kuningan, Ciamis, Tasikmalaya, Suryalaya, Garut (2 hari)Rp7.300.000
Lampung (2 hari)Rp8.400.000
Pangandaran, Cilacap (3 hari)Rp9.700.000
Purwokerto, Guci, Batu Raden, Tegal, Pekalongan (3 hari)Rp10.000.000
Jawa Tengah, Jogja, Semarang, Salatiga, Demak, Wonosobo, Dieng (3 hari)Rp11.000.000
Jawa Tengah, Wonogiri, Magelang, Jogya, Solo, Wonosobo (4 hari)Rp13.300.000